Wednesday 14 August 2013

Cara Membuat Hot Spot WiFi melalui Laptop

Hm... Sepi sekali blog ini...

Next post akan pakai bahasa indonesia. Saya habis tidak lulus kelas bahasa inggris. *malah curhat...

Beberapa waktu lalu saya membeli HP baru... (Sombong... Sombong...). Lenovo K860. Sebuah hp yang cukup kuat untuk memainkan game game. Lalu saya juga membeli sebuah modem smartfren rev b. (Selama masa promosi cepat lho. Download di surabaya mencapai 500 kb/s di kuta bali mencapai 300 kb/s) Tujuannya, saya ingin menjadikan smartfren saya menjadi hotspot wireless (wifi hot spot).

Awalnya saya kira saya hanya perlu membuat sebuah koneksi ad hoc. *Peer to peer device saya dengan laptop. Sayangnya, hal ini tidak dimungkinkan... Setelah mencari beberapa lama. Saya menemukan sebuah artikel.... *Ma'af linknya hilang...

Yang kita lakukan adalah mengubah laptop kita menjadi hosted network. Jika anda tidak ingin membaca dari sumber berbahasa inggris, anda dapat membacanya disini...
  1. Connectkan modem anda ke internet
  2. Di connection properties modem anda, buat agar komputer lain bisa mengaksesnya. Caranya klik start : control panel  : network and internet  :  network and sharing center
  3. Click di link koneksi wireless anda. Disini saya menggunakan smartfren. Yang terlihat adalah ZTE Wireless Terminal
  4. Akan terbuka jendela status ZTE. Klik Properties
  5. Di jendela properties klik sharing dan centang allow other network users to....
  6. Klik Ok
  7. Masuk CMD as administrator (Buka start  :  ketik CMD di menu search  :  klik kanan  :  Run as Administrator)
  8. Ketikkan Perintah Berikut di CMD (Tidak pakai kurung siku) :
    netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=[NamaNetwork] key=[Password]
    netsh wlan start hostednetwork
  9. Viola, laptop anda sekarang menjadi sebuah hot spot pribadi.
NOTE :
  1. Untuk melihat apakah network anda sedang menyala atau tidak ketik :
    netsh wlan show hostednetwork
  2. Untuk menghentikan share anda ketik :
    netsh wlan stop hostednetwork
Semoga membantu......

No comments: